SEPUTAR KESEHATAN

Kesehatan Merupakan Mahkota yang hanya dapat di lihat bagi yang Sakit

Penyakit Jantung

penyakit jantung
Jantung merupakan organ tubuh kita yang sangat penting, Jantung berfungsi untuk memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen dan sari makanan yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh kita. Maka dari itu kita harus selalu menjaga fungsi jantung kita dengan baik. Saat ini  penyakit jantung yang sering menyerang kita adalah penyakit jantung koroner, yang dapat menyebabkan serangan jantung. Penyakit jantung koroner juga dikenal dengan istilah penyakit jantung iskemik dan termasuk salah satu penyakit yang menyebabkab angka kematian tertinggi di Indonesia. Untuk tetap menjaga jantung kita tetap sehat kita harus tahu apa yang harus dihindari dan apa yang dapat menjaga jantung kita tetap sehat.
    
Jika anda mengalami penyempitan pembuluh darah koroner, dimana pembuluh darah ini berfungsi untuk menyediakan darah ke otot jantung. Penyempitan disebabkan oleh penumpukan kolesterol yang berasal dari sari makanan yang tiap hari kita makan. Penyempitan pembuluh darah ini memblokir suplai darah ke jantung, Penumpukan kolesterol juga menyebabkan pembuluh darah koroner menjadi kaku atau disebut juga dengan istilah aterosklerosis. 

Aterosklerosis terjadi jika penumpukan timbunan lemak pada dinding-dinding arteri mengeras dan mempersempit arteri, dan dapat menghambat aliran darah ke jantung. Inilah yang pada dasarnya menuntun kepada serangan jantung.

Penyebab Penyakit Jantung.

Beberapa Faktor yang dapat menyebabkan Penyakit jantung adalah:

Kebiasaan Merokok

Perokok dapat menyebabkan rasio lebih tinggi untuk penyakit Jantung. Karbon monoksida dan kandungan nikotin pada rokok dapat menyebabkan resiko terjadinya gumpalan darah serta memacu jantung untuk bekerja lebih cepat. sehingga jantung akan menjadi lemah. Perokok mempunyai resiko sekitar 25 % lebih tinggi dibandingkan dengan bukan perokok.

Pola Hidup yang tidak Sehat

Pola hidup yang tidak sehat misalnya kita kurang berolah raga, jarang mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran, dan sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak.

Hypertensi

Masalah Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan penyakit jantung. Tekanan darah yang tinggi berarti jantung bekerja lebih keras dari biasanya. Pemicu Hipertensi biasanya mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi.

Kelebihan Berat Badan atau Obesitas

Orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas dapat berpotensi tekanan darah tinggi, dan cenderung memiliki kolesterol yang lebih tinggi, dan dapat beresiko terkena diabetes. Selain itu untuk memenuhi kebutuhan tubuh yang berat, jantung harus bekerja lebih ekstra dibandingkan dengan berat badan ideal.

Faktor Usia

Dengan kondisi usia yang sudah tua, kemungkinan besar mengidap penyakit jantung.

Keturunan

Jika anda memiliki kerabat atau saudara yang pernah mengidap penyakit jantung, Resiko anda untuk mengidap penyakit jantung lebih tinggi dibandingkan dengan kerabat yang tidak mengidap penyakit jantung.

Pencegahan Penyakit Jantung

Penyakit jantung dapat dicegah sedini mungkin, berikut ini langkah sederhana yang dapat anda lakukan :

  • Mulai saat ini berhentilah merokok, sebelum rokok menghentikan anda, karena rokok dapat menyebabkan stroke dan kanker paru-paru. 
  • Berolah raga secara teratur minimal 2 - 3 jam seminggu serta menjaga pola makan yang seimbang dengan cara mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.
  • Kurangi mengkonsumsi makanan yang digoreng yang banyak mengandung lemak. Sebaiknya makanan diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang.
  • Jaga pola makan tidak berlebihan agar terhindar dari kegemukan, karena jika anda memiliki kelebihan badan beresiko terkena penyakit jantung. 

Demikian artikel tentang Penyakit jantung, semoga bermanfaat untuk kita semua. Menjaga kesehatan lebih baik dari pada mengobati.

   
Bagikan :
+
Previous
This is the oldest page
0 Komentar untuk "Penyakit Jantung"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top