SEPUTAR KESEHATAN

Kesehatan Merupakan Mahkota yang hanya dapat di lihat bagi yang Sakit

Penyakit Paru-Paru

penyakit paru-paru
Paru - paru adalah salah satu organ pada sistem pernapasan yang berfungsi untuk pertukaran oksigen dari udara yang menggantikan karbondioksida didalam darah. Proses ini dinamakan sebagai respirasi dengan menggunakan bantuan hemoglobin sebagai pengikat oksigen. Setelah oksigen didalam darah diikat oleh hemoglobin, seterusnya dialirkan keseluruh tubuh. 

Jenis penyakit paru - paru sangatlah banyak sekali, tapi yang akan dibahas disini hanya penyakit paru - paru yang disebabkan oleh rokok. Merokok dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan dan akan memperparah kondisi kesehatan kita. Diantara masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh rokok adalah masalah pernapasan, dan pemerintah sendiri sudah melarang untuk merokok di tempat umum karena mengganggu orang yang tidak merokok. Merokok dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka pendek ataupun kronis.



Beberapa penyakit paru-paru yang diakibatkan oleh perokok aktif dan juga perokok pasif, perokok pasif adalah orang yang tidak merokok tapi secara tidak sengaja kita menghisap asap rokok. 

1. Bronkitis

Peradangan kronis pada saluran paru-paru disebabkan oleh rokok, pada bronkus (saluran udara yang membawa udara dari batang tenggorokan ke paru - paru ) akan meradang, membengkak dan menyempit akibat iritasi oleh rokok. Saluran udara yang meradang mulai menghasilkan dahak berlebihan, akibatnya adalah penderita mengalami batuk yang bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati.

2. Pneumonia ( radang paru-paru )

Salah satu penyakit paru-paru yang sangat berbahaya adalah pneumonia (radang paru-paru), pneumonia dapat timbul di berbagai daerah di paru-paru. 

3. Kanker Paru-paru

Kanker Paru-paru adalah jenis penyakit paru-paru yang ditandai dengan dengan tumbuhnya sel secara tidak dikenali pada jaringan paru-paru. Merokok adalah penyebab yang paling sering dari kanker paru-paru, pembentukan sel kanker merupakan proses yang kompleks. Faktor stres oksidatif yang tinggi, imunitas yang rendah dan zat yang dapat menyebabkan kanker dalam asap rokok membuat perokok rentan terkena kanker paru-paru.

4. Emfisema

Emfisema adalah penyakit paru-paru dimana terjadi kerusakan kantung udara pada paru-paru sehingga mengganggu sistem pernapasan. Zat-zat yang berbahaya pada asap rokok dapat merusak kantung udara, kerusakan ini semakin lama akan semakin parah. Kebocoran kantung udara paru-paru menyebabkan paru-paru tidak bisa mengisi udara segar dengan baik sehingga mempengaruhi suplai oksigen ke seluruh tubuh.

Pencegahan Penyakit Paru-paru

Penyebab utama penyakit paru-paru adalah rokok, dampak utama dari rokok adalah paru-paru kotor sehingga akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang sangat berbahaya. Paru-paru kotor akan menghinggapi para perokok karena mereka sudah terbiasa merokok.
Berolah raga secara teratur untuk mempertahankan daya tahan tubuh, melakukan pemeriksaan secara teratur terutama bagi yang beresiko tinggi, agar dapat terdeteksi secara dini.

Demikian artikel tentang penyakit paru-paru yang disebabkan oleh rokok, semoga bermanfaat untuk kita semua. Menjaga kesehatan lebih baik dari pada mengobati.


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Penyakit Paru-Paru"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top