SEPUTAR KESEHATAN

Kesehatan Merupakan Mahkota yang hanya dapat di lihat bagi yang Sakit

Penyakit Asam Urat

penyakit asam urat
Asam urat merupakan penyakit yang biasanya diderita orang-orang yang berusia 30 tahun ke atas. Penyakit asam urat adalah penyakit yang menyerang bagian persendian dalam organ tubuh penderita, dan penderita akan merasakan sakit dan ngilu yang sangat luar biasa. Penting bagi kita untuk mengetahui tanda awal dari asam urat yang tidak segera di tangani dengan cepat akan menjadikan penyakit ini lebih kronis, Jika sudah kronis tentu akan lebih menyulitkan kita untuk mengobati dan menyembuhkan asam urat. Asam urat terjadi ketika disebabkan konsumsi zat purin yang berlebihan mengakibatkan munculnya kristal-kristal purin didalam darah dan kemudian mengumpul disendi.

Walapun asam urat sering dikaitkan dengan penyakit orang tua, namun saat ini banyak juga orang-orang yang masih muda terkena asam urat, hal ini terjadi karena pola hidup dan makan yang kurang sehat. Orang yang terkena asam urat sulit untuk beraktifitas karena rasa sakit atau ngilu. 

Penyebab penyakit asam urat

Memahami penyebab asam urat dengan baik, sangat membantu anda mencegah penyakit ini dan juga membantu melakukan langkah-langkah supaya keluhan asam urat tak menyerang anda secara berulang. Berikut ini penyebab penyakit asam urat :

Minuman yang kurang sehat

Jika anda menyukai minuman yang berwarna, soda atau alkohol, maka itu akan memberatkan tugas ginjal. Karena beban ginjal semakin berat untuk membuang residu dari minuman yang berwarna tersebut. Dalam hal ini pembuangan purin adalah melalu air seni, diperlukan minuman air putih yang banyak untuk membantu ginjal memaksimalkan pembuangan purin.

Kolesterol yang tinggi

Kolesterol merupakan faktor penyebab asam urat, jika tubuh kita mengandung kolesterol tinggi maka dengan sendirinya kinerja organ tubuh kita akan menurun. Kolesterol sifatnya menyumbat aliran darah, menghambat aliran darah sehat ke berbagai organ dan pada saatnya akan mengalami penurunan fungsi seperti penurunan fungsi ginal dan fungsi hati.

Pola hidup yang kurang sehat

Hidup yang kurang sehat bisa diartikan seperti kita kurang berolah raga, bekerja di ruangan ber AC sepanjang hari, bekerja terlalu keras, kurang tidur, terlalu banyak merokok, bahkan terlalu banyak tidur juga menyebabkan resiko asam urat akan tinggi.

Konsumsi Makanan

Dalam hal ini makanan yang perlu kita hindari memakan jeroan seperti babat, usus, limpa. Anda perlu menyeimbangkan protein hewani dan nabati.

Tingginya protein dalam tubuh

Pada dasarnya masalah asam urat sangat terkait dengan kadar purin dalam darah. Jika purin normal maka otomatis asam urat juga akan normal dan jika purin tinggi maka asam urat juga akan tinggi, dan mereka yang hidup dengan pola makan tinggi protein otomatis akan memiliki kadar purin tinggi dalam darah. Hal ini ada kaitannya dengan konsumsi makanan yang sehat.

Pencegahan penyakit asam urat

Kita dapat mencegah penyakit asam urat lebih dini dengan memperhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Hindari obat-obatan kimia kecuali dalam keadaan darurat, usahakan menggunakan obat-obatan herbal sebagai alternatif utama pengobatan, sebelum terpaksa menggunakan obat kimia.
  • Hindari minuman yang beralkohol, karena lebih banyak sisi negatifnya dari pada sisi positifnya.
  • Menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak yang biasanya terdapat pada daging, jeroan. Daging kambing dan jeroan mengandung lemak yang tinggi dan jika dimakan dapat menyebabkan perut terasa panas, karena mengandung purin tinggi yang dapat meningkatkan kadar asam urat.
  • Mengatur pola hidup yang lebih sehat dengan cara olah raga teratur, banyak minum air putih, hindari rokok. Usahan ada waktu untuk istirahat yang cukup.
Demikian artikel tentang penyakit asam urat, perlu kita ketahui mencegah lebih baik dari pada mengobati, semoga bermanfaat untuk kita semua.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Penyakit Asam Urat"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top