SEPUTAR KESEHATAN

Kesehatan Merupakan Mahkota yang hanya dapat di lihat bagi yang Sakit

Penyakit Liver

penyakit liver
Organ hati atau liver merupakan bagian penting dari organ tubuh manusia yang membantu organ tubuh lainnya dalam mencerna makanan dan penghasil enzim dari sumber makanan yang kita konsumsi. Seperti kita ketahui bahwa penyakit liver merupakan peradangan pada hati yang disebabkan karena mengkonsumsi racun yang banyak mengandung bahan kimia atau juga dapat disebabkan karena adanya virus atau infeksi. Hati berfungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi energi yang dapat digunakan untuk melakukan aktifitas sehari-hari, hati juga berfungsi untuk sebagai tempat pembentukan zat pembekuan darah dan plasma darah, sebagai tempat penyimpanan cadangan air dan pembakaran gula dan penyimpanan zat-zat mineral.

Penyakit hati atau liver bukanlah penyakit yang mudah diatasi, banyak penderita yang mengharuskan terus menjalani pengobatan secara rutin untuk menurunkan atau menghilangkan gejala penyakit liver dan hasilnya pun banyak yang sembuh dalam beberapa waktu saja yang kemudian hari akan timbul kembali.

Gejala penyakit liver

Beberapa gejala penyakit liver adalah :
  • Jika terjadi pada wanita akan mengalami keputihan yang tidak normal, dan menyebabkan perubahan pada kuku yang melengkung.
  • Nafsu makan berkurang sehingga mengalami berat badan menurun drastis, bahkan mengalami kurang darah (anemia), perut terasa mual, kembung dan mengalami gangguan pencernaan.
  • Penderita akan mengalami perubahan pada warna kulit dan mata menjadi kekuningan, sehingga orang akan menyebutnya penyakit kuning. 
  • Kurang mengkonsumsi air mineral secara teratur, sehingga organ tubuh kekurangan cairan termasuk organ hati, seperti kita ketahui air putih sangat diperlukan oleh organ tubuh kita.
  • Urin yang dikeluarkan berubah menjadi warna kuning gelap atau kuning pekat dan bau yang menyengat. Selain itu BAB juga tidak lancar.
  • Penderita akan mengalami masalah pada kulit seperti gatal, eksim, jerawat dan penyakit kulit lainnya.
Pencegahan penyakit liver

Penyakit liver dapat dicegah dengan cara:
  • Menjaga pola hidup sehat dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi, olah raga secara teratur dan istirahat yang cukup.
  • Jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, hindari rokok.
  • Jika telah terjadi gunakanlah resep yang telah disarankan oleh dokter, jangan melebihi dosis yang telah ditentukan.
  • Hindari menggunakan alat-alat suntik secara bersamaan.
Demikianlah artikel tentang penyakit liver, semoga bermanfaat untuk kita semua, perlu kita ketahui mencegah lebih baik dari pada mengobati.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Penyakit Liver"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top