SEPUTAR KESEHATAN

Kesehatan Merupakan Mahkota yang hanya dapat di lihat bagi yang Sakit

Penyakit pada Hidung


penyakit pada hidung
Selain sebagai organ pernafasan, hidung juga berfungsi sebagi indera pencium. Didalam rongga hidung bagian atas terdapat sel-sel pencium, sel-sel ini dilengkapi dengan rambut-rambut halus dan dilapisi selaput lendir sebagai pelembab. Sel-sel pencium sangat peka terhadap zat-zat atau bahan kimia diudara yang berbentuk gas. Sel-sel ini berhubungan dengan pusat saraf penciuman diotak. Jumlah sel pencium pada manusia antara 10-20 juta, setiap zat kimia hanya merangsang satu jenis pencium sehingga otak dapat membedakan berbagai macam bau.

Jenis Penyakit pada Hidung

Penyakit yang dapat mengganggu kerja hidung yang sudah cukup lama kita kenal adalah sebagai berikut :

Salesma

Salesma atau influenza diakibatkan oleh sejenis virus dan penyakit ini menular. Gejala influenza antara lain batuk, hidung berair, sakit kepala, demam, dan nyeri pada otot. Batuk sering berdahak yang kemudian menyumbat saluran pernafasan bagian atas, penyumbatan hidung inilah yang menyebabkan kerja hidung kita terganggu.

Sinusitis

Sinusitis adalah peradangan rongga hidung bagian atas, sinusitis terjadi akibat terganggu atau terhambatnya aliran udara ke dalam rongga hidung. Atau terganggunya dan terhambatnya cairan hidung keluar dari hidung. Penyebabnya antara lain karena ingus yang mengeras, obat-obatan atau penyakit tertentu. Hambatan ini menyebabkan cairan hidung tidak dapat keluar hingga menumpuk, disinilah banyak bakteri atau kuman lainnya yang dapat mengakibatkan peradangan. Sumbatan pada rongga hidung inilah yang menyebabkan kerja indera pencium kita terganggu.

Tunaganda

Penderita tunaganda tidak dapat mencium bau, cacat ini berkaitan dengan saraf pencium yang tidak ada atau tidak berfungsi, biasanya ini merupakan cacat bawaan atau keturunan.

Cara merawat Hidung

Berikut adalah cara merawat hidung kita agar tetap sehat :

  1. Pakailah alat pelindung hidung atau masker jika berada ditempat berudara kotor atau bau yang tidak sedap.
  2. Bersihkan rongga hidungmu secara teratur.
  3. Bersihkan rongga hidungmu dengan bahan yang lunak.
  4. Hindarilah benturan pada hidung karena batang hidung adalah organ yang bertulang rawan, dan saraf-saraf pencium berada pada batang hidung.
  5. Jika menderita sakit influenza atau peradangan pada pernafasan, segeralah berobat kedokter atau istirahat yang cukup.
Demikianlah artikel tentang penyakit pada hidung, menjaga kesehatan lebih baik dari pada mengobati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Penyakit pada Hidung"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top