SEPUTAR KESEHATAN

Kesehatan Merupakan Mahkota yang hanya dapat di lihat bagi yang Sakit

Penyakit pada Mata

PENYAKIT PADA MATA
Mata digunakan untuk menangkap informasi yang tampak oleh mata, yaitu cahaya dan warna. Pada dasarnya mata terdiri dari reseptor yang sangat peka terhadap rangsang cahaya. Mata sebagai indera penglihat bekerja menurut prinsip-prinsip alat optik, mata bekerja dengan baik tergantung pada kerja kornea, lensa mata, retina, disamping saraf mata. Karena itu bagian-bagian yang terdapat pada mata mempunyai peran penting dalam proses penglihatan, adanya kelainan pada bagian-bagian ini menyebabkan cacat pada mata.

Didalam mata berkumpul reseptor (saraf penerima) untuk rangsang cahaya. Ketika sebuah benda memantulkan cahaya kepada mata, bayangan benda itu akan diterima oleh reseptor untuk disampaikan ke pusat saraf (otak).

Jenis-jenis Penyakit Mata

Ada beberapa penyakit mata atau gangguan mata dapat mengganggu kerja mata bahkan menyebabkan kebutaan, diantara penyakit mata adalah :

Katarak
Katarak atau bular adalah penyakit mata dimana lensa mata berangsur-angsur buram, akhirnya dapat menyebabkan kebutaan secara total. Cara mengatasinya yaitu dengan melakukan pembedahan. Pembedahan yaitu dengan cara pembekuan lensa mata untuk menghilangkan katarak. Cara lainnya adalah dengan mengganti lensa mata dengan lensa buatan setelah operasi. Katarak pada umumnya menyerang orang yang sudah lanjut usia.

Glaukoma
Glaukoma adalah tekanan pada bola mata yang meningkat, hal ini menyebabkan objek-objek tampak sedikit kabur. Jika tidak diobati dapat merusak saraf optik dan akhirnya menyebabkan penglihatan terganggu secara permanen.

Konjungtivis
Konjungvitis adalah penyakit infeksi pada mata. Penyakit ini berdampak gangguan atau kerusakan pada penglihatan mata.

Trakom
Trakom merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang selaput mata, Selaput mata yang terkena penyakit ini menjadi bintik merah.

Rabun Senja
Rabun senja adalah penyakit mata yang disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Disebut rabun senja karena penderitanya tidak dapat melihat jelas (rabun) pada petang atau senja hari. Penderita ini harus banyak mengkonsumsi Vitamin A.

Cara Merawat Mata

Ada beberapa cara merawat mata yang dapat kita lakukan secara teratur agar mata kita tetap sehat. Diantara cara merawat mata adalah :
  • Menghindari mata dari cahaya yang berlebihan atau kurang. Sebaiknya bacalah ditempat yang cukup terang, jangan membaca di tempat yang menyilaukan atau remang-remang.
  • Menjaga kebersihan mata, kita dapat melakukannya dua kali atau sekali sehari, misalnya sebelum mandi atau sebelum tidur.
  • Membersihkan setiap hari dengan obat cuci mata, misalnya sebelum tidur.
  • Membaca tulisan pada jarak sekitar 30 cm dari mata. Jangan menonton televisi terlalu dekat, disarankan 7 X panjang diagonal layar televisi.
  • Jangan menggosok mata dengan tangan atau dengan benda keras.
  • Memeriksa mata secara teratur ke dokter mata atau rumah sakit.
  • Membiasakan sejak kecil memakan makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, tomat dan buah-buahan yang segar.
Demikian artikel tentang penyakit pada mata, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Hal yang perlu diingat menjaga lebih baik dari pada mengobati.


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Penyakit pada Mata"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top