SEPUTAR KESEHATAN

Kesehatan Merupakan Mahkota yang hanya dapat di lihat bagi yang Sakit

Penyakit Kanker Payudara

penyakit kanker payudara
Penyakit kanker payudara masih menghantui para wanita. Penyakit ini merupakan jenis lain dari kanker yang terjadi pada jaringan sel payudara. Ketika sel abnormal membagi dan tidak terkontrol, sel ini akan menjadi besar dengan membentuk jaringan ekstra atau tumor yang dapat menjadi jinak atau ganas. Sel tumor jinak tidak dapat menyebar ke jaringan tubuh yang lain, biasanya tumor jinak dapat diangkat dan tidak akan timbul lagi. Sedangkan sel tumor ganas dapat menyebar ke jaringan tubuh yang terdekat dan melepaskan diri dari bentuk tumor primer menjadi bentuk tumor sekunder dimanapun dibagian tubuh kita.

Setiap wanita perlu mengetahui kondisi payudaranya dengan baik dan melakukan pemeriksaan payudara sendiri dengan rutin setiap satu bulan sekali. Tidak semua perubahan pada payudara merupakan tanda kanker payudara, ada juga perubahan yang merupakan pertanda normal. Setiap 1-2 minggu sebelum menstruasi keadaan payudara memang dapat berubah menjadi agak membengkak, dapat terasa nyeri dan biasanya dirasakan diseluruh bagian payudara, perubahan ini akan menghilang dalam waktu 1 minggu setelah menstruasi terakhir. Namun jika keluhan pada payudara berlanjut dan mengganggu dalam 2-3 siklus menstruasi berikutnya, sebaiknya setiap wanita perlu memeriksakan ke dokter.

Penyebab penyakit kanker payudara

Sampai saat ini tidak jelas apa yang menyebabkan kanker payudara. Dokter mengetahui bahwa kanker payudara terjadi ketika beberapa sel payudara mulai berkembang secara tidak normal. Sel-sel tersebut membagi lebih cepat dari pada sel pada umumnya, perkembangbiakan sel ini membentuk tumor yang dapat menyebar pada payudara, jaringan getah bening atau bagian tubuh yang lainnya.

Dokter memperkirakan bahwa 5-10 persen kanker payudara berhubungan pada mutasi genetik pada generasi dalam keluarga, gen rusak yang diwariskan dapat menyebabkan kanker payudara telah diidentifikasi, jika anda memiliki catatan keluarga pengidap kanker payudara atau kanker lain, tes darah dapat membantu mengidentifikasi gen kanker payudara yang rusak atau gen lain yang terdapat dalam tubuh kita.

Pencegahan kanker payudara

Saat ini penyakit kanker payudara tidak dapat dicegah, namun dapat didiagnosa lebih awal dari sebelumnya, semakin awal kanker diketahui, semakin besar pula peluang untuk disembuhkan, berikut ini beberapa cara yang dapat mencegah kanker payudara:
  • Ketika kanker ditemukan segera tangani secara dini, dan lebih banyak pilihan pengobatan yang dapat diambil dan memiliki peluang lebih besar untuk sembuh.
  • Menjaga berat badan ideal, melakukan diet rendah dengan konsumsi buah dan sayuran.
  • Menyusui mungkin dapat menurunkan resiko kanker payudara, khususnya jika berlanjut untuk 18-24 bulan. Olahraga berat pada saat usia muda dapat memberikan perlindungan yang lama.
Demikianlah artikel tentang penyakit kanker payudara, perlu diingat mencegah lebih baik daripada mengobati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Penyakit Kanker Payudara"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top