SEPUTAR KESEHATAN

Kesehatan Merupakan Mahkota yang hanya dapat di lihat bagi yang Sakit

Penyakit pada kulit

penyakit pada kulit
Kulit merupakan lapisan luar dari tubuh manusia, penyakit kulit yang banyak dan paling sering menyerang kita adalah dermatitis atau eksim. Dermatitis adalah radang kulit, ciri-cirinya adalah kulit menjadi merah, bengkak, berair, melepuh dan juga gatal-gatal. Penyebabnya adalah bahan atau zat kimia tertentu, bahan tersebut bisa berasal dari sabun, kosmetik, logam atau juga getah tumbuhan. Bahan tersebut dapat menyebabkan alergi kulit. Garukan yang berlebihan, stress atau alergi juga dapat menyebabkan dermatitis. 

Selain itu terdapat penyakit yang sering menyerang disaat kita menjelang remaja, penyakit yang dimaksud adalah jerawat. Jerawat bukan hanya muncul dibagian wajah tetapi jerawat juga bisa muncul di bagian leher, punggung, dada, atau ditempat lainnya. Jika jerawat kita pencet dapat menyebabkan infeksi, penyebab jerawat adalah tersumbatnya pori-pori kulit oleh kotoran, kelebihan hormon atau peradangan kelenjar minyak. Untuk mengobati jerawat digunakan obat jerawat. 

Kita juga dapat mencegah munculnya jerawat dengan cara menjaga kebersihan kulit wajah kita misalnya, mencuci wajah secara teratur dan menggunakan sabun khusus untuk wajah, dan jangan menggunakan kosmetik yang tidak cocok dengan kulit kita. Karena dapat menyebabkan iritasi.

Penyakit kulit akibat dari jamur adalah panu, ada juga penyakit kulit yang disebut dengan kurap, kadas dan lain-lain. Penyakit panu sering muncul tanpa disadari oleh kita biasanya terletak disekitar punggung. Gejala yang sering timbul adalah rasa gatal ketika kita berkeringat dan warna sebagian kulit kita akan putih, coklat bahkan kemerahan dan itu tergantung dari pigmen kulit kita. Pada bagian kulit yang terserang panu biasanya terdapat sisik halus yang menutupinya.

Cara merawat kulit 

Penyakit kulit mungkin tidak begitu mengganggu, tapi penyakit kulit seperti jerawat atau panu dapat mengganggu atau merusak penampilan dan keindahan tubuh, rusaknya penampilan menyebabkan kamu kurang percaya diri atau rendah diri dan ini dapat mengganggu pergaulan. Untuk itu hendaklah kita merawat kulit sebaik-baiknya dengan cara :
  1. Mandi secara teratur dua kali sehari, gunakan air yang bersih dan sabun yang lunak dan cocok dengan kulit kita, bila perlu gunakan sabun yang mengandung pembersih kuman.
  2. Setelah mandi keringkanlah badan dengan menggunakan handuk dan menyerap air.
  3. Perbanyak makan buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin C dan vitamin E.
  4. Lindungi kulit kita dari cuaca dingin atau panas dengan jaket atau payung.
  5. Jika kulit terkena jerawat, panu atau terluka oleh sesuatu, cepat obati dengan yang sesuai atau pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.
Demikianlah artikel tentang penyakit pada kulit, ketahuilah mencegah lebih baik dari pada mengobati. Semoga bermanfaat untuk kita semua.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Penyakit pada kulit"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top