SEPUTAR KESEHATAN

Kesehatan Merupakan Mahkota yang hanya dapat di lihat bagi yang Sakit

Penyakit Kolesterol

penyakit kolesterol
Kolesterol merupakan lemak yang ada didalam aliran sel tubuh atau aliran darah yang dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Apabila kadar kolesterol dalam darah berlebihan, maka akan mengakibatkan penyakit diantaranya adalah penyakit jantung koroner dan penyakit stroke. Kolesterol secara alami dapat dibentuk oleh tubuh kita dan selebihnya dari makanan hewani seperti keju, susu, daging dan unggas. Makanan yang berasal dari nabati seperti biji-bijian, sayur dan buah.
Kolesterol umumnya diderita oleh orang yang gemuk, namun tidak menutup kemungkinan orang yang kurus juga bisa mengalaminya apalagi dengan mengkonsumsi makanan yang rendah serat yang lemaknya tinggi namun rendah serat. Faktor keturunan juga dapat menyebabkan kolesterol yang tinggi. Oleh karena itu kita harus menjaga makanan dengan mengurangi kadar kolesterol caranya dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan berserat. 

Sebenarnya  kolesterol merupakan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika berlebihan akan menyebabkan berbagai macam penyakit. Jika anda mengalami gangguan kolesterol maka anda perlu berolah raga, diet dan mengkonsumsi obat-obatan yang di sarankan oleh dokter.

Kolesterol terbagi dalam dua jenis :
  1. Kolesterol Baik (High Density Lipoprotein), kolesterol HDL disebut juga Lemak yang baik karena dapat membersihkan dan mengangkut kadar lemak dari dinding pembuluh darah ke hati. Penyebab kolesterol baik yang rendah adalah kebiasaan merokok, badan terlalu gemuk dan kurang berolahraga / gerak badan.
  2. Kolesterol Jahat (Low Density Lippprotein), kolesterol LDL disebut juga Lemak yang jahat karena dapat menimbun pada dinding dalam dari pembuluh darah, terutama pada pembuluh darah kecil yang menyuplai makanan ke jantung dan otak. Timbunan lemak tersebut semakin lama akan mengeras dan semakin tebal yang pada akhirnya dapat menyumbat aliran darah. Kolesterol LDL yang normal bila kadar dalam darah dibawah 100 mg/dl.
Cara mengendalikan kadar kolesterol agar tetap normal
  • Salah satu cara mengendalikan kadar kolesterol dengan berolah raga secara teratur. Misalnya jalan kaki atau jenis olah raga ringan lainnya.        
  • Makan secara teratur dapat mengurangi berat badan yang berlebihan dan merupakan cara untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Berat badan yang berlebihan dapat mengganggu proses metabolisme tubuh dalam menghancurkan lemak.                                                                         
  • Meskipun anda mengkonsumsi makanan yang sehat, tetap saja dibutuhkan nutrisi tertentu untuk mengatasi hal tersebut anda perlu mengkonsumsi multivitamin atau suplemen makanan untuk mencukupi kebutuhan dasar nutrisi.                                                                                                   
  • Kadar kolesterol dapat diturunkan dengan pola makan yang teratur, kurangilah mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan minyak seperti gorengan, susu berlemak, jeroan, hamburger, mentega, bebek dan kuning telur. 

Cara mengkonsumsi lemak yang baik

  • Kurangi masak dengan cara digoreng lebih baik dengan cara merebus, membakar, mengukus dan memanggang.
  • Banyak makan sayuran seperti tahu  dan kacang hindarilah makan daging.
  • Konsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayur dan kacang-kacangan.
  • Pilihlah minyak nabati seperti minyak soya (kedelai) atau minyak jagung dari pada minyak hewani.
  • Minumlah susu rendah lemak (low fat) dari pada susu full cream.
  • Hindari makan kambing, babi, jeroan atau makanan yang mengandung lemak.
Demikianlah artikel tentang penyakit kolesterol, perlu diingat menjaga lebih baik dari pada mengobati, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Penyakit Kolesterol"

terima kasih atas informasinya gan, salam kenal...

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top