SEPUTAR KESEHATAN

Kesehatan Merupakan Mahkota yang hanya dapat di lihat bagi yang Sakit

Penyakit Varises

penyakit varises
Penyakit varises merupakan penyakit yang biasa muncul dibagian kaki tepatnya dibetis, varises memang tidak terlalu berbahaya bagi tubuh tapi sangat mengganggu bagi penampilan anda, apalagi bagi wanita yang selalu tampil sexy, untuk itulah sebaiknya mendapatkan penanganan yang serius. Varises merupakan kondisi pembuluh vena normal mengalami pelebaran akibat pengaruh peningkatan tekanan vena. Pembuluh darah vena berfungsi mengangkut darah, sisa metabolisme dari seluruh jaringan tubuh dan kembali lagi ke jantung. Varises dapat menyebabkan sirkulasi aliran darah dapat terhambat pada area disekitar tungkai kaki dan betis saat menahan berat tubuh yang terjadi akibat aktifitas berdiri dan berjalan dalam waktu yang lama, yang akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah vena pada bagian bawah tubuh. 

Bentuk varises cenderung berwarna kehijauan dan ukurannya bervariasi, berukuran besar dan juga berukuran kecil, bisa memanjang dan bisa juga pendek. Varises dapat terjadi dimana saja pada bagian tubuh pada kaki dan tangan, namun yang paling sering terjadi di sekitar tungkai kaki dan betis. Penyakit varises pada kaki terutama disekitar betis akan membentuk urat-urat yang menonjol keluar.

Penyebab Varises

Berikut ini beberapa penyebab terjadinya varises :

  • Kehamilan, pada saat hamil volume darah akan meningkat, namun mengurangi aliran darah dari kaki ke panggul. Perubahan hormon selama kehamilan ini mungkin juga memainkan peran yang baik, namun umumnya varises yang berkembang selama masa kehamilan ini akan membaik dengan sendirinya meski tanpa perawatan yang khusus.
  • Memakai sepatu hak tinggi membuat gerak otot tumit yang berfungsi membantu kerja pembuluh darah menjadi tidak normal.
  • Terlalu banyak berdiri membuat kaki terlalu berat menahan tubuh dan menambah beban kerja pembuluh vena dalam mengalirkan darah. Jika anda bekerja dengan mengharuskan banyak berdiri, usahakan tetap bergerak dengan berjalan ditempat, agar otot dapat terus bekerja memompa darah ke jantung.
  • Seiring bertambahnya usia maka tingkat elastisitas pembuluh darah akan menurun bahkan bisa menghilang sehingga otot menjadi renggang.
  • Merokok juga dapat menyebabkan varises karena kandungan zat yang berbahaya dalam rokok membuat pembuluh darah menjadi kaku dan terjadi penyempitan, sehingga dinding pembuluh tidak elastis lagi.
  • Kolesterol tinggi berhubungan erat dengan masalah peredaran darah, kelainan pembuluh darah dan kegemukan yang menyebabkan terjadinya varises.

Pencegahan pada varises  
  • Usahakan jangan terlalu lama berdiri.
  • Perhatikan berat badan dan konsumsi makanan, karena dapat meningkatkan resiko terkena varises, oleh karena itu perhatikan berat badan agar tetap ideal.
  • Olah raga secara teratur dengan cara berjalan, berjalan adalah cara yang paling baik untuk mendorong sirkulasi darah pada bagian kaki, namun jangan terlalu berlebihan.
  • Berbaringlah dengan posisi kaki dan tungkai lebih tinggi dari jantung selama 20 menit, bagi yang sudah terkena varises usahakan tidur dengan posisi kaki lebih tinggi dari pada jantung, posisi ini untuk melancarkan peredaran darah ke jantung. 
  • Bagi penderita, jangan memijat terlalu keras daerah varises, karena dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah vena.
  • Perbanyak makan yang mengandung serat tinggi, dan hindarilah makanan yang mengandung protein hewani.

Demikianlah artikel tentang penyakit varises, semoga bemanfaat untuk kita semua, ketahuilah mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Penyakit Varises"

terimakasih info kesehatanya :)

Ngeri juga penyakit varises ya kang.

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top